Sunday, November 24, 2013

Skripsi dan ujian komprehensif akuntansi

Postingan awal : Friday, May 17, 2013

Aaahhh setelah sekian lama akhirnya bisa posting juga tentang perjuanganku selama dikuliah. Sekedar info kalo aku itu jurusan akuntansi dan kemarin ambil konsen akuntansi keuangan. Oke kita mulai ceritanyaa
SKRIPSI : Variabel dependen aku adalah Kebijakan Hutang. Variabel independennya ada kep. manajerial, institusional, dividen, profitabilitas, free cash flow, pertumbuhan perusahaan, dan risiko bisnis.
ya intinya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. 
aku anak akuntansi keuangan, dataku adalah laporan keuangan perusahaan yang listed di BEI . mau donlot laporan keuangan? cukup buka www.idx.co.id disebelah kiri ada kotak yang berisi tabel gitu, liat perusahaan tercatat, dan pilih laporan keuangan dan tahunan. Nah bagi yang mau liat performa perusahaan? (disini bisa liat closing price, dividen/sharenya, DER, dll) caranya publikasi pilih ringkasan kinerja perusahaan tercatat. Bagi yang ga mau ribet, bisa beli juga data laporan keuangan di kaskus. beberapa temanku melakukan hal itu (biasanya yang tahun penelitiannya lama, kayak dari 2004-2010) Tahun 2007 kebawah agak sulit soalnya dicari.. tp klo aku karena uda datanya tersedia di website ya diambil aja. 
Pengalaman aku sih ati-ati sama rumus untuk cari angka, tapi selama sumbernya kuat jangan takut. apalagi klo sumbernya dari buku.. Dosen PSku selalu bilang kalo rumus yang didapet dari jurnal harus dicek lagi, kebenarannya.
Ketika milih judul skripsi lebih baik, pahamin dlu rumus2nya apakah susah didapet atau ribet atau mudah terletak dilaporan keuangan. Sama variabelnya, banyak jurnal yang menggunakan variabel itu atau nggak. semakin sedikit maka semakin sulit juga untuk referensi kita.
Data sekunder, primer, ataupun case study semua ada tingkat kesulitannya masing2 kok, enjoy aja. 


DOSEN PS
Aku bersyukur banget dapet dosen PS yang satu ini. hihiii =D her name is Aan Marlinah. Berdoa sama Tuhan dikasi dosen PS yang terbaik. Pokoknya siapapun dosen ps kita itulah yang terbaik. Beberapa minggu sebelum pengumuman aku berdoa gini " Ya Allah semoga sarah dapet dosen PS yang gak terlalu santai, namun juga ga terlalu serem" . Kenapa jgn yang terlalu santai, nanti malah skripsi kita berantakan, karena nnti dosennya gak care sama isi dari skripsinya. Jangan yg terlalu serem karena apa2 klo uda tegang dluan pasti ga enak deh dan ga relax jadinya. Berdoa karena 1/2 nyawa ada di ps juga. aku bener2 bersyukur, kalo lg pusing ama skripsi. Liat mukanya bu Aan nenangin and adeeem bgt, ramah luar biasa. Makasi Ibuku sayaaaang, kebaikanmu pasti dicatat oleh Allah SWT

KOMPREHENSIF:
eng ing eng, kompre adalah hal yang paling dikhawatirkan seluruh lapisan mahasiswa. Mau yang
rajin, males, IP sedeng sampai IP tinggi. Kenapa ? karena kita akan ditanya sesuai kemampuan kita alias IPK kita. Kalo katanya Tuhan tidak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan hambaNya, gak berlaku untuk dosen. hehehe.. Padahal kan IPK ga selalu berbanding lurus dengan kemampuan mahasiswa. Banyak jalan menuju paham sama materi kompre, cuma rangkuman rangkuman itu kurang dapat menjawab pertanyaan dikepalaku. Karena kata dosen2 jangan cuma mengetahui a = b, tapi dipahami kenapa bisa a, kenapa bisa b, dan kenapa sama dengan.
Kalo aku sendiri sih, buka catetan pribadi aku waktu masih belajar. Aku sengaja simpen semua buku dan catatan terutama akuntansi, audit, pajak. Ntah kenapa metode yang efektif buat aku adalah membaca semuanya dari awal. aku baca akuntansi dasar 1 & 2,inter 1 & 2, dan Audit, terus dirangkum deh. Kalo bingung ya belajar kelompok. Untuk akmen aku nyeludup kelas yang lg SP, aku izin sama bapaknya untuk ikutan belajar. DAN TERNYATA PENGUJI SIDANG AKU, BAPAK YANG AKU SELUDUPIN KELASNYA, LUAR BIASA BGT. Alhamdulilahnya bapak Irwantonya baikkk bgt.
Pajak aku ga dapet sama sekali, kalo kata temenku, untuk anak keuangan ga akan ditanya pajak. kecuali bener2 ga bisa jawab akuntansi, audit, dan akmennya.

Materi akun =  Pahamin prinsip2 dasar dalam akuntansi, matching principle, monetary unit asumption dan lain2. Jurnal2nya, siklus akuntansi dan pehamannya, laporan keuangan. Pengertian nama-nama akun (aset itu apa, apa saja yang masuk kedalamnya) pahami betul akun per akun, metode penghapusan piutang, macam2 dividen, investment, bond, inventory dan keluarga besar akuntansi lainnya.

Audit = Isi laporan audit ada berapa, opini audit, proses audit, asersi manajemen, materialitas, risiko audit, unsur pengendalian intern, macam2 konfirmasi, standar audit, prosedur audit, sampling audit, subsequent event dan saudara2nya. 

Akmen = Jujur aja akmen aku cuma belajar dikiitt. Pahamin betul DM, DL, Direct and Indirect,Fixed cost, variable cost. Untuk penghitungannya simple costing, ABC costing, segala costing2an, spoilage rework dan teman2nya.

SIDANG
Sidang dimulai dari akhir febuari sampai maret akhir. Dan aku kebagian di Febuari, cuma selang berapa hari dari mulainya sidang. Untuk sidang itu sendiri relatif waktunya 1 sampai 1 1/2 jam. Kalo kata temen2 yang nungguin sih aku 1 jam 10 menit-an. Awal2 tanda tangan dlu, kalo kita akan setuju apapun keputusannya. Setelah itu dijelasin prosedurnya sama ketua sidang, kebetulan ketua sidangku adalah Bapak Ricky, yaitu ketua Trisakti juga. Presentasi sekita 5 - 10 menit, banyak bagian (slide) yang diskip kok. lebih fokus ke bab 3, 4, dan 5. abis itu duduk lagi, mulai ditanya2 tentang skripsi. Bawa semua bukti pendukung dalam skripsi, kayak jurnal dan sumber buku. Nah disini dosen psku, Bu Aan ga nanya apa2 cuma senyum aja sama aku. hihi. Pak Ricky dan Pak Irwanto yang nanya. Nah setelah skripsi rapi, mulailah kompre. Bu Aan nanya audit banyaaaak yang ditanya, emang sih waktu belajar audit kadang aku suka bingung ga dapet bayangannya gitu lho diotakku jadi pahaminnya agak susah. Belajar audit yang bnr2 baik ya, yang diaplikasiin langsung. Nah terus Pak Ricky nanya akuntansi, setelah itu Pak Ir nanya akmen. hehe.. abis itu disuruh keluar dan 2 menit kemudian dipanggil deh, daan LULUS .. Subhanallaah, aku ampe berkaca2 dan mau ngomong kayak gimana gitu rasanya saking terharunya. Oh iya pas mau sidang aku ga bisa tdr, malem-malem cuma tdr 2 jam kyna bangun jam 2an gtu trus ampe sidang ga tdr lg, mandi jam 3 pagi. haha, perjuangan dan bener2 ga bisa dilupakan banget.
#sebenernya bukan ini foto pas aku lagi sidang, cuma pakaiannya seperti ini kecuali roknya warna hitam. lagi sidang gak kepikiran buat foto2 sama sekali, pas lulus sibuk nelponin mama papa dan saudara. hehe 

PRITILAN ABIS LULUS
Abis lulus gak langsung bener2 lepas, masih ada kewajiban sama kampus. Revisi skripsi, pas sidang skripsi kan diliat lagi sama pengujinya kalo ada salah revisi deh. Revisi admin, kayak kata pengantar, halaman dan surat pernyataan plagiat dicek lagi sama bagian admin uda betul apa belum. Setelah itu hardcover, tanda tangan dosen penguji, masukin dalam bentuk CD dan hardcopy untuk kampus (Perpus) dan dosen PS. Kenapa sih ribet bgt, pas aku tanya bagian perpus alasannya karena skripsi dan CD kita itu salah satu indikator agar Trisakti akreditasinya tetep A.

Selesai sudah kewajiban atas kampus ini. Tinggal nunggu hak aku aja, ijasah dan wisuda. 
Terkadang kita udah berada di klimaks dari perjalanan hidup ini (baca : dunia kuliah) setelah ini kita mulai start dari awal lagi yaitu sebagai karyawan ataupun pengusaha.
Ya begitulah hidup, kayak waktu SMP udah kelas 3 uda berasa napakin kehidupan dari kelas satu, tapi setelah itu kita mulai lagi sebagai junior pas kelas satu SMA kan.
Udah bukan mahasiswa lagi, hahha..
Selamat Datang Dunia Kerja, please be nice and great to me =D  
status mahasiswa berubah menjadi jobseeker, hehe..Semoga cepet berganti menjadi karyawan. amin.

1 comment:

Rizal said...

Luar biasa sekali...
Saya saat ini juga akan memulai skripsi, dan saya juag sama seperti anda mengharapkan dosen yang baik dan sesuai keinginan..