Sunday, November 24, 2013

Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Postingan awal : Sunday, July 21, 2013

Aku ga pernah nyangka kalau aku akhirnya benar-benar kesini. Dari pertama yang ga dibolehin sama mama sampai akhirnya aku berhasil ngeyakinin beliau kalau disini aman dan jelas. Banyak hal yang aku dapatkan disini lebih dari sekedar belajar bahasa Inggris. Sebulan tanpa orang tua, pergi naik kereta sendiri, ketemu teman-teman baru dari segala penjuru Indonesia. dan ini perjalanan terjauh aku SENDIRI.

Untuk sampai disini ga bosennya aku blogwalking dari satu blog ke blog lain, namanya ke suatu tempat yang aku belom tau sama sekali sebelumnya. Sampai bikin akun kaskus juga lho. Haha.. Dan aku memutuskan untuk di Cherry Camp pemiliknya Miss Austin.  Di Cherry tempatnya nyaman bgt, nah ada cherry boy juga tapi jangan khawatir lokasinya ga satu tempat sama cherry girl. Jadi yang pake hijab ga usah khawatir yaa.  Kelas disini ada pagi, siang, dan malam. Ada dua tutor atau asisten Miss Austin namanya Miss Yuni dan Miss Emi.

Disini aku sakit dua kali, hiks. Minggu pertama aku ga nafsu makan dan malem selalu kebangun terus ntah kenapa. Trus berikutnya aku sakit badanku kering kayak ganti kulit, akhirnya ke apotek untuk beli salep dianter miss emi, makasi miss ku sayaang .


SEPEDA, yess i got so many problem about it. Hahaha. Hari pertama datang, disuruh pake sepeda orang, dan rantainya putus. Trus dipinjemin temen sekamar yaitu Sis Asti daan kuncinya patah. Oke, akhirnya jalan kaki nyari makannya. Setelah nyewa, sepeda aku ilang di daffodils dan pas orang lain bantu cari dengan pede aku jawab sepeda aku PINK, lalu tersisalah satu sepeda yang mirip. Aku telepon Bapak sepedanya dan dapat nonya, ternyata teman satu camp, ternyata sepedaku ketuker dan sepedaku berwarna BIRU. Masalah ga berenti disitu rantai sepedaku copot -.- , akhirnya bapak sepedaku menukar sepedaku ke camp (yang ini ga ketemu bapaknya karenaku lg pergi) dan akhirnya selama hampir sebulan aku menaiki sepeda yang berbunyi “ngik ngek ngik ngek” , okelah. Aku uda bosen ngurusinnya, selagi dia masi baik dan nyaman dipakai aku ga peduli kata orang sepedaku berisik.  Jadi gini, sepeda itu kayak soulmate, kita enjoy aja kok makenya tapi pas orang nyobain mereka ga nyaman. Ya, karena kita nerima sepeda apaadanya (GA ADA HUBUNGANNYA RAAA)HAHAHA.

Kalau ngebahas tempat les disini , buaanyaaaakk benerr. Tapi selama disini aku les :

Daffodils (yang emang rekomendasi bgt buat belajar speaking), Nah di daffodils ini aku ambil step 1 selama satu bulan, dengan Miss Austin. Miss Austin ngajarin bnyak sekali mulai dari pronoun, pengetahuan umum, tips, dll. Di kelas ini kita juga banyak share senang sekali rasanyaa. oh iya bagi kalian yang lulus kuliah dan mau cari kerja disarankan bgt untuk ambil kelas speak second yang memang bahas tentang interview kerja. Sayangnya disini aku ga kedapetan kelas. Ada juga Public Speaking, yang masuknya ada tesnya mengingat ada kapasitas tempat. website daffodils

    
Private Class , banyak kok yang sediain private class. Aku di ajar sama Miss Iva dan di Private Class aku Cuma ber4. enaknya sih kalo ada bingung atau apa bisa tanya langsung sama Miss nya. Jadinya lebih kondusif. Missnya yang mana hayo tebak? hehe Miss Iva itu yang sedikit ketutupan sama aku, maaf cuma ini foto yang paling menampakan kebersamaan 5 orang, soalnya. walaupun umur miss iva dibawahku, tapi kemampuan englishnya tentu aja supeeerr. hehe

            

    
Mr Bob (Quickly speaking) disini aku diasuh oleh Mr.Koko. setiap pulang kelas, Mr. Koko selalu   kasi motivasi untuk kita. Untuk kelas Mr. Bob dan   Active Class (peace) aku berhasil dikompor2in sama Sonia dan Dewi. Haha. Kelas Mr Bob jauh lebih santai karena lesehan dan lebih banyak diskusi berdua berdua, dan untuk kelas ini kita ga ada sertifikat dan ujian akhirnya. Jadi lebih fun, tapi bukan berarti ilmunya dikit. Banyaaak, Mr. Koko banyak kasi kita slide2 
     yang sangat berguna buat cari kerja dan ilmu kita juga.


    
Peace (Active Class) disini bener2 ga boleh ngomong bahasa, ketauan langsung ditegur. Nah Active Class ini diajarin langsung sama yang punya peace namanya Mr.Aan.  tiap hari kita harus update sama berita, dan dibahas dikelas. Update berita dalam negri dan luar negri, jadinya seru sih. Secara disana jarang nonton tv tapi harus rajin buka netbook buat tau berita. Seruuu bgt, tapi deg degan tiap hari karena aku ga akan tau hari ini bakal ngapain. Hari pertama aja kakiku dingin bgt, karena disuruh kasi pendapat tapi diserang oleh kelompok lain.Ini ambil kelas antara nekat nekat juga, tapi bismilah aja aku daan alhamduliah =D , kelas peace ini dan kegiatan dari camp yang bener2 maksa aku untuk berani ngomong english.

Kalau kita Cuma punya waktu sebulan disarankan untuk fokus dalam satu bidang aja. Misalkan kita mau fokus speaking ya speaking aja , jangan campur sama toefl atau grammar. Karena dijamin pusing.
(?) pertanyaanku sebelum ke pare
-Bisa ga kita ambil tempat les lain
Bisaa, misalkan pagi mau course di daffodils, siang mau di peace ya boleh. Tapi mungkin maksimal 3 tempat lesnya. Karena badankan juga perlu istirahat.

-Enakan ngekos apa camp
Aku ga tau sih ya rasanya ngekos, jadi saran aku adalah camp. Kalo camp kita bisa belajar bareng teman, latian ngomong english juga, nambah banyak teman, kalo ada bingung bisa tanya tutor, ada kelas 3 x sehari lagi.

-Atm dimana?
Nah ada baiknya kita ambil uang itu untuk keperluan kita langsung dua minggu, karena atmnya agak jauh. Jadi ga bolak balik, Aku juga ga pernah berani sendirian kalo ke atm, pasti bareng temenku.

-Sekamar beneran ber4
Nah ini tergantung kita datengnya bulan apa, kalau kita datengnya bulan bulan ramai maka akan sekamar ber4. Kebetulan aku kemarin sekamar berdua sama temanku.

-Harus booking dari Jakarta?
Yaa, sebaiknya gitu untuk camp terutama. Jadi disana gak luntang lantung. Hehe.. nah, disini periode belajar itu tanggal 10 sama 25 jadi datengnya jangan kecepetan atau telat yaa.

-perlu bawa netbook gak?
Sumpah ini perlu banget, wkwkwkw.. hiburan satu satunya di pare Cuma netbook selain teman2. Bisa nonton film, tulis diary, update berita dll. Pentiiing. Oh ya, ada beberapa tugas dari tempat les yang dimana kita wajib juga nih cari via internet.

Pas kemarin buka berkas berkas les, aku masih bisa ngerasain rasa antusias aku pas les. Hari pertama les dibilang “Jangan terlalu bersemangat bgt diawal, nanti bisa ilang” , akhirnya aku redam rasa itu baik2. Hehhe.. tapi alhamdulilah rasa antusias itu ga ilang dari awal sampai akhir les, bahkan awalnya aku mau nambah dua minggu lagi. Cuma aku kepikiran untuk mulai tanggung jawab baruku sebagai mahasiswa yang baru lulus yaitu “kerja”.

Ada baiknya datang ke pare,bagi teman2 yang ingin belajar bahasa inggris dan punya waktu lebih. aku ngerasa kemampuan bahasa inggrisku lebih baik walaupun tidak banyak bgt, tapi alhamdulilah lebih baik. Mungkin karena kurang lama x yaa. Janjian sama beberapa teman dekat, untuk selalu ngomong bahasa inggris.. ada bonus foto, wkwkw


di pemancingan


 Gumul, semacam monasnya orang jakarta.


Nah, dari jakarta aku uda nyetok yang namanya selai, susu, kopi, mentega, gula, teh, keju, dan segala macem. ga mau kalo malem2 laper soalnya, apalagi di kampung orang. nah temen2 bisa nih contact Mas Udin, kebetulan aku udah ijin Mas Udin untuk masukin nomer tlpnya ke blog aku.. cukup sms pesen roti apa dan campnya dimana, tadaaa langsung deh ada di depan camp  (0856-0714-9714). oh ya, waktu ke Bromo aku pake travel namanya Vanto Travel dengan harga yang bersahabat, bisa mengantar kemana saja boleh contactnya ( 0858-5389-4410)
  






satu hal yang paling nyebelin disini adalah, ketika kita uda ngerasa deket sama teman2 trus uda ngerasa nyaman, tapi satu persatu harus pulang untuk ngelanjutin hidupnya di dunia nyata. Alhamdulilah sekarang jaman modern yang ngebuat kita masi bisa terkoneksi via social media.
Makasi ya Allah, atas pengalaman luar biasa ini. ilmu bahasa inggrisnya, belajar mandiri ke luar kota sendiri, mendapat sahabat dari berbagai penjuru, bromo nya. dan semua pengalaman yang gak akan bisa dibeli dengan apapun..

2 comments:

evasaras said...

Ini yang lagi aku rasain :)))) nice share, Kak!

Nadyaara said...

iya vaa. semangat ya sayang disana.. aku tunggu selalu kabar baik kamu.