Sunday, November 24, 2013

Resep Croissant

Postingan awal : Tuesday, August 13, 2013

 
Akhirnyaa, untuk pertama kalinya aku posting ketika aku masak. Sebetulnya masaknya udah lumayan sering. cuma belum ada niatan untuk foto2 dan posting diblog.

Yuk mulai bahas resepnyaa,
untuk resep croissantnya aku pake 1/2 resep. resepnya aku dapatkan dari buku yang aku beli digramed yang isinya bahas tentang croissant FULL. yang dibawah ini satu resep yaa, aku cuma pake 1/2 yaa

Bahannya :
500 gr tepung terigu cakra
50 gr susu bubuk
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 bungkus (11gr) ragi instan
1 butir kuning telur
200 gr pastry margarine (korsvet) iris tipis
250 cc air (kurang lebih)
2 butir kuning telur untuk memoles (kocok bentar)

Cara membuat :

Gambar 1, Campur tepung, susu, gula, garam, ragi, kuning telur. sambil diulenin campur air sedikit demi sedikit sampai kalis. Kalis itu maksudnya udah ga nempel ditangan. Nah setelah kalis kita masukin ke kulkas dulu sekitar 25 menit.

Gambar 2, setelah keluar dari kulkas kita akan dapatin adonannya mengembang, nah mulai kita giling sampai tipis dan kita pergunakan korsvetnya 1/3 dulu. dimasukin korsvetnya trus dilipet dan digiling lagi, setelah digiling, putar 90 derajat. Masukin korsvet lagi dan lakukan sampai korsvet abis, nah ini dia kenapa croissant itu berlapis2, aku baru sadar pas bikin. Karena ada tahap ini rupanyaa.

Gambar 3, setelah bahan korsvet abis. kita giling tipis lagi dan bikin segitiga sama kaki (semacam potongan pizza) . sebetulnya untuk isi bebas, mau kosong atau cokelat, keju, kacang,sosis apapun yang kita suka. Aku pilih beef dan mozarella karena itu yang ada dikulkasku. setelah itu kita gulung. gulungnya dari arah bawah (bagian aku naro daging) sampai keujung yang mengkrucut itu.

Gambar 4, Adonan habis, kita kuas bagian atas croissant dengan telur (kuningnya saja) dan taburi lagi dengan keju chedar.

Gambar 5, panggang sekitar 30 - 40 menit.. dan tadaaa hasilnya seperti ituu.

Karena ini pertama buat croissant tentu aja hasilnya ga langsung oke. Nah makanya aku selalu buat 1/2 resep supaya ga sayang adonan kalau kalau hasilnya gagal. Kalau ini catatan untukku aja sih sebetulnya, pastiin semua bahan udah ada didepan mata kita. karena aku harus ke carrefour dulu (semua warung tutup karena mudik) untuk beli ragi instan, padahal seinget aku stoknya masih ada..

Komentar,
Kakak : enak, udah pas cuma beefnya kurang banyak
Sahabat :over all enak, tapi rotinya kurang lembab dan beefnya kurang banyak.

sekian laporan koki amatir hari ini =D

2 comments:

evasaras said...

Ngileeeeerrrr

Nadyaara said...

hahaha.. ayo yang di bantul belajar masak juga