Wednesday, December 11, 2013

Hal yang Harus dilakukan Sebelum Tua

November kemarin, usiaku menginjak angka 20sekian. Hahaha... Kayakna ga relaa bgt kalo nanti aku udah umur berapa tapi belum banyak yang aku lakuin. Aku iseng nge-search, apa aja sih yang seharusnya aku lakukan sebelum aku tua nanti. Daaan, aku menemukan bnyak artikel tentangnya, ternyata. Dari beberapa postingan para teman2, kalo boleh ku tarik satu benang kesimpulan plus beberapa tambahan dariku adalah:

Nge-blog
Yeeaah, mesti ngucapin terima kasih nih. Sama dosen aplikasi komputer yang dulu mewajibkan setiap murid bikin blog untuk tugasnya. Daaan, masih awet alhamdulilah ini blog. Aku itu dari kelas 4 atau 3 SD sebetulnya sudah menulis diary. Kalo dibaca lagi, suka kesel kenapa dulu bgni bgtu. Tapi ya gapapa itulah seninya hidup J . dan kenapa blog. Selain karena aku suka nulis, aku seneng banget kalo tulisanku bisa bermanfaat bagi orang lain.

Mempunyai kebiasaan baru yang baik diluar ruangan, DAN LUPAKAN INTERNET.
Setiap hari dengan internet itulah aku, mungkin kebiasaan baru yang ingin ku bentuk adalah mulai rajin olahraga atau ada aktivitas lain diluar ruangan lainnya. Pliss raaa jangan Cuma jadi wacana doang yaa!!! haha

Find your passion
Hidup terlalu melelahkan untuk ngejalanin apa yang kita ga suka. Jadi apa salahnya untuk menjalani apa yang kita cintai. Dulu waktu ada seminar tentang buku bertema passion, ada seorang mas – mas yang menanyakan tentang passion yang nampaknya berumur 35an. Kayaknya sayaang aja gtu yah kelamaan gtu, meskipun ga ada yang namanya kata terlambat untuk maju kan.

Buka tabungan terpisah dari tabungan harian yang jadi pengeluaran.
Sebetulnya ini sudah menjadi rencanaku, kenapa? Penting banget punya satu tabungan yang gak diutak-atik, maklum uang tuh kayak air banget. Jadi perlu di keep disatu tempat aman. Untuk dana darurat, untuk apapun yang diperlukan yang kita ga tau.Kartu ATMnya ga usah dibawa2. .

Belajar Investasi
Jaman sekarang tuh yaa, haha lebih baik punya penghasilan dari berbagai sumber. Nah belajar investasi bisa jadi salah satu passive income kita. yang halal dan aman tapi tetep inget yaa high risk high return.

Foto
Foto dirimu tiap bulan, sampai bertahun tahun dan bandingkan. *hmmm ide menarik nih. Pasti seru aja, bukan sekarang serunya tapi nanti ketika udah usia usia tua. Lebih baik foto ditempat atau kondisi yang sama. Maksudnya misal di kamar atau ruang tamu. Yauda kayak gitu aja tiap bulannya.

Stop ghibah
Aku ga suka ghibah, tapi kadang suka terpaksa mendengarkannya kalo lagi kumpul2 dan jadi kepancing ikutan berpendapat. Semoga kedepannya bisa lebih hebat lagi menanggulangi ghibah.

Make time for your parents
Pulang kerja capek rasanya, tapi aku selalu nyempetin untuk ngobrol sama mama tentang apapun. Kita ga pernah kehabisan bahan untuk diperbincangkan pokoknya. Kalo papaku cenderung diem sih orangnya jadi sama papa cukup cium dan peluk aja uda ngungkapin rasa sayang akuu. Kadang suka lupa, dan keasikan sama diri sendiri dan tiba tiba orang tua uda masuk angka 50 keatas.

Baca buku dan menulis
Yah, seperti postingan aku sebelumnya, mengenai quote Bapak Ajib Hamdani buku itu sangat berpengaruh terhadap hidup kita. Dimana buku yang kita baca, seperti itulah kita akan berkembang kedepannya. Sama halnya juga dengan menulis, menulis itu merapihkan kenangan katanya.

Berpetualang
Aku jatuh cinta, jatuh cinta sama semua keindahan alam. Ga usah jauh-jauh sih sebetulnya Indonesia dulu aja di explore. Sayangnya masih terbatas waktu dan biaya. Dan aku pernah baca twit Ka Farah Quinn isinya kurang lebih “kalo ada uang, jangan dibelikan barang aja. Tapi travling lah, beli pengalaman baru”

Deal with yourself
Ini adalah hal penting menurut aku. Kenapa karena sebelum kita bersosialisasi dengan orang lain, mempunyai rekan kerja, atasan, pasangan, anak, tetangga dll aku ngerasa harus banget bisa menghandle diriku sendiri. Bagaimana menyikapi ketika down, bagaimana menghargai diri sendiri. Sebtulnya aku terus berusaha untuk hal ini.

Jatuh Cinta dan patah hati
Jatuh cinta itu anugerah dari Tuhan. Patah hati, hmm .. Kalo kata Pak Mario Teguh, patah hati lah sepatah patahnya tapi bangkitlah sebangkit2nya. Temenku yang cerita hati yang bnyak tambalannya itu yang kuat, trus pilihlah orang yang udah pernah patah hati biar dia tau gimana rasanya dan ga ngelakuin hal itu.

Belajar bahasa asing
Yah, ini kayaknya sudah menjadi kebutuhan banget untuk bisa berbahasa asing. Lebih dari satu bahasa asing pastinya lebih baik. Dulu SD sempet les jepang, tapi Cuma bentar. SMA aku juga di sekolah dapet bahasa mandarin. Sayangnya ga dilatih lagi, jadinya lama-lama lupa. Sekarang mau fasehin english dulu aja, baru  nanti nambah satu bahasa lagi. Mudah2an bisa, aamiin.

Terlibat aktivitas social

Karena kalo Cuma bilang “kasian” itu ga akan mengurangi menderitaan mereka lho, simpatinya udah gimana kalo kita mulai berempati, angkat lengan baju dan mulai membantu. Setujuuu kan??

hmm.. apalagi yaah, nanti kalo ada lagi aku tambahin yaa. daaan, semoga bisa mulai satu satu jadi ketika uda nanti ga muda lagi kita sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

No comments: