Wednesday, October 30, 2013

Antara Soulmate, Karier, dan Rumah Tangga

Tahun 2011 aku kepikiran buat nanya teman dan sahabat tentang definisi beberpa hal yang menurut aku penting dalam hidup DISINI, daan setelah lulus kuliah. Muncul lah hal-hal lain yang tiba tiba suka keselibet kepikiran, huahaha..

yaitu.. soulmate, karier, dan rumah tangga. ekhem ekhem, sensitif emang.

Pas aku tanya sahabat, dia ngomong "obrolan 22+ banget yah raa" haha.. dan waktu aku sempet denger cerita temenku yang psikolog, umur umur sgni ya emang kalo galau dua hal kerjaan (karir) dan pasangan hidup (soulmate).


Untuk soulmate sendiri , i cant describe it clearly. ntah kenapa :(. yang ku tau, soulmate satu jiwa dalam dua raga dan "klik" yaudah klik aja sama orang tsb. seseorang yang bisa saling nyaman dan kebahagiaan pasangan adalah kebahagiaan kita juga.Bisa bimbing kita urusan duniawi dan akhirat. itu dulu, pengertiannya untuk saat ini. 

Karier ideal sendiri buat aku, dimana kita bisa berkontribusi buanyaaak dalam memajukan perusahaan/usaha tersebut dan ada rasa bahagia saat melakukannya (passion) dan outputnya cukup untuk menghidupi dan berbagi kepada sesama.

Rumah tangga ideal itu, satu visi. Pasangan itu harus satu visi, bayangin aja dlm organisasi klo beda visi akan runyam apalagi rumah tangga. Saling berusaha menjaga dan melindungi, membesarkan anak-anak dengan cinta (NO banget yang namanya kasar omongan ataupun fisik) saling support dan mencintai karena Allah till Jannah. In Shaa Allah =D

dan untuk beberapa referensi dari para sahabatku , 
  • Windi Astriana 
Soulmate itu seseorang yg melengkapi hidup, mau seneng atau susah.
Karier itu pekerjaan yg kita cari sendiri,yg kita senengin dan kita jalanin,pengennya jadi PNS sama kalo bisa ikut LSM yg nolong nolongin orang. 
Rumah tangga yg aku mau itu adalah yg suaminya bisa mengimami dgn baik ke aku dan ke anak anak aku. rumah tangga yg sama sama belajar bukan menggurui antar anggota keluarga. anak minimal 3 raa, cowo 2 cewe 1. tinggal dirumah yg halamannya luas. dan tiap makan kita bareng. minggu family day santai santai dihalaman :')



  • Haqi Mahrojul 
Soulmate itu yg mau bareng2 berusaha dr susah ke sejahtera.
Terus karier yg dpengenin, g mesti punya jabatan tinggi yg penting penghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga (rumah makan n nyicil kendaraan + fasilitas lainnya).
Rumah tangga pengennya, sebelum umur 30. Suami istri kerja, tp istri kerjany yg normal2 aja biar fokus utama tetep keluarga. Dalam rumah tangga ya pastiny pengen rukun2 aja walopun ribut2 pasti ada. Yg penting jangan keras kepala dr keduabelah pihak. Walopun dlm berumah tangga gw yg mutusin tp istri ngasih masukan baikny gmn. Pengen punya anak ga usah banyak2 2/3 anak cukup. Tp tiap anak dkasih jarak 2/4 tahun biar masuk sekolahny g barengan haha (pemikirannya jauh bgt yah si Haqi ini, ini emang sahabat cowo aku yang paling waras otaknya =P )
  • Diyan Wulandari
Soulmate itu luasss bgt artinya, berdasarkan persepsi orang masing2.. kalo brdsrkan pendapat ku, soulmate itu seperti hadiah yg luar biasa dari Allah, sosoknya selalu ada di hati dan pikiran kita.. Mereka yg sebisa mungkin berusaha ada di dlm apapun kondisi kita, pelindung sprti ayah, penyayang sprti ibu.. yang bersedia menjadi matahari disaat kita terang dan bintang di saat kita gelap. 
Karir dan rumah tangga yg aku harapkan yg selaras. maksudnya saling melengkapi gitu, dan justru malah ngga akan berjalan dengan baik kalo mereka terpisah2..Karir jgn sampe merusak rumah tangga, dan rumah tangga jgn smp menghambat karir..Nah aku perlu belajar lebih banyak ilmu ikhlas buat landasan untuk menselaraskan karir + rumah tanggaa..Knp ilmu ikhlas ? Krn suatu saat nanti ada potensi karir yg cemerlang mnrt kita itu terkadang harus dikorbankan demi utuhnya rumah tangga..Nah disini deh ilmu ikhlas diperluain, ikhlas mengorbankan karena Allah SWT.. 

  • Nurza Dwi Priska
Soulmate ya yg dampingin idup kita tapi kaya emang pelengkap banget... yg dibilang bisa jadi emak bapak sodara sahabat adek kakak versi kita. Pokonya yg paling bikin nyaman dan kita bisa jadi diri sendiri. Tapi org yg kita nikahin blom pasti soulmate.
Karier pengennya yg trus nanjak paling ga ampe umur 50an. Karier yg menginspirasi org2 gamau yg asal duitnya banyak doang
Trus kalo rumah tangga hmmmm pengennya yg bisa merintis sesuatu bareng suami
Trus anaknya "jadi" . Cara pengasuhan juga yang jaman sekarang atau lebih demokratis x yaa.

  • Dwi Setiadi 
Soulmate orang yg nyambung dan ngerti lo bgt.
Karir yg gue pengenin adalah hal yg gue suka dan bisa membeli apapun yg gue mau. 
Rumah tangga yg ideal "gue gabisa jelasin." begitu katanya, hihi..
  • Irin Yasmine
"Kalo irin kurang ngerti ra sjujurnya soulmate". tp menurutku, Ya soulmate tuh org yg mau sejauh apapun itu atau seada masalah apapun atau seberantem apapun bakal tetep ada dan balik lg. ga rapuh dimakan wktu. Berhasil ngadepin masalah hidup apapun itu ampe yg berat2. Dan wlaupun ga smua masalah dilewatin berhasil tp ttp aja balik lg dan bakal kurang kalo ga ada.
Karier penggennya kerja terus ampe pensiun soalnya irin pasti bakal strees kalo hdup gni2 aja. Maunya sih yg terbuka trs ga kaku trs pny ank mandiri dll haha. kerjaan kantoran, ga ahli wirausaha sialnya. tp mau belajar juga sih.
rumah tangga pny asuransi smua anggota kluarganya. Anak2 pny asuransi kesehatan sm pendidikan. Asuransi ksehatannya ampe tua maunya .trus ada kebebasan , heehe. Ga bs bgt dikekang. Ga ada kekerasan. Bebas seru ktawa2 tp ttp tegas orgtuanya
  • Feby Andita
"Hmm agak klasik sih ra jwbnya hee"
Mnrtku soulmate itu org yg syg tulus sm kita tanpa ada kata tapi. Org yg bisa lebih sedih kalo kita sedih, dan bisa lebih bahagia kalo kita bahagia. Org yg bs ngilangin segala egois dan gengsinya kalo lg sama kita.Ra, fby blm tau karier sm rmh tangga itu apa

  • Farley Richard
menurut gw, "soulmate adalah saat jiwa kita menemukan orang yang bisa bikin kita bahagia tanpa alasan dan menerima kita apa adanya"hoo gitu, "kalo karir sama rumah tangga apa ya, blm kepikiran. kalo udah tau nanti gue kasi tau ya Ra" .. okeee. haha



  • Selfia Mariani
Soulmate itu bisa dibilang jodoh kali ya. Jodoh hidup. Jodoh pertemanan. Hehehe
Klo unt karier ideal ku sendiri aku sebenernya pgn kerja di kantoran besar (amin ya Allah). Tp suasana nya yg ga kaku bgt. Klo bisa sambil jalan2 hehehe.. selain itu jg boss nya jg mendukung. Maksudnya ga galak tp tegas. Dan kerjaan nya ga terlalu berat2 bgt jd ga bikin beban hehe banyak mau.
Kalo rumah tangga aku pengennya punya suami yg bener2 bs bimbing keluarga ku jd keluarga yg bener2 baik ra. Bener2 ga nuntut apa2, sederhana, pokoknya keluarga nomer 1. Aku jg pgn punya suami yg bener2 bs bimbing anak2ku jd anak yg pinter2. Ga galak tp mendidik tp friendly ke anak. Selalu luangin waktu buat anak+istri bahkan unt brainstorming hal2 kecil. Pokoknya klo punya waktu luang selalu diluangin waktu unt anak2 dan keluarga. Trus sifat baiknya bukan cm ke keluarga sendiri tp ke org lain bahkan semua orang. Pgn punya suami yg selalu ngajarin unt selalu bersyukur dan rendah hati (amiin). Dan pasti nya sayang bgt sama istri. Biasanya kan banyak org bilang klo udh punya anak biasanya suami lbh sayang ke istri. Tp aku mau nya suami ku sayang 50:50 ke anak dan istri nya jd sama hehehe
  • Muhammad Rakhmanaji
Soulmate itu Pasangan yang saling melengkapi gak hanya menerima kelebihan tapi kekurangan jugaa.
Rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah.Dengan tujuan akhir syurgaaaaa
Karier yang sukses dan berhasil, bisa ngebahagiaan orang tua, keluarga dan orang sekitar dengan berlandaskan iman dan taqwa

sadar atau nggak, semua definisi yang beda ini hadir dari pengalaman hidup. Soo, apapun definisinya menurut kamu yang aku tahu kita semua berharap. Berharap sesuatu yang baik untuk masa depan kita. Aku yakin selagi kita berusaha, pasti disitu akan ada jalan. 
kalo ada definisi yang lain, boleh tulis dikolom komentar yaa =D

2 comments:

Abah said...

Ga mau ikut ngedefinisiin, cuma kayaknya ada yang mulai terindikasi quarter-life crisis. :p

Nadyaara said...

ngeselin yah. hahaha :P