Thursday, January 24, 2013

Saya Bertanya dan Alquran Menjawab


Seorang akuntan membutuhkan pedoman dalam menjalani pekerjaannya, agar sesuai prosedur yang ada, langkah-langkah yang harus dilakukan, dan tidak melakukan kesalahan. Apa pedoman seorang akuntan? ya tentu saja kitab sucinya "accounting principle" dan "PSAK". Nah begitu juga dengan manusia seutuhnya, perlu pedoman agar memastikan bahwa hidup berada dijalan yang tepat. Semua tentang hidup, ilmu pengetahuan dibahas lengkap didalamnya, Alquran. Kita intip beberapa yukk,,

        Terkadang saat mengalami masalah berat, aku merasa takut, merasa sendirian. Memang benar yang orang bilang "Jika kau tertawa, dunia akan tertawa bersamamu. Jika kau menangis, kau menangis sendirian". Tapi ternyata ada yang memperhatikanku, ada yang mendengar apa yang tidak kuucapkan, ada yang melihat apa yang tidak aku tunjukan.


Terkadang, buruknya sikap beberapa pasangan sahabatku atau berita dimedia masa, membuatku takut. Takut mendapat pasangan yang tidak baik. Bukan, bukan berarti aku merasa diriku baik, tidak. Aku berusaha untuk memperbaiki diriku tiap harinya. Aku pernah dengar Ippo Santosa bilang "Saya ingin mendapat pasangan hidup yang rajin solat dhuha, jadi saya terus dan rutin solat dhuha. Alhamdulilah isteri saya rajin sholat dhuha." . Ya begitulah, jika ingin mendapat pasangan yang baik, aku harus baik terlebih dahulu. Ingin mendapat pasangan yang taat kepada Allah, taatlah terlebih dahulu pada Allah.

Waktu pertama kali dengerin lagu butiran debu aku pikir "Aku tanpaMu, butiran debu" ternyata mu dilagu itu adalah untuk pasangan yah. hahaha.. coba kita ubah mu disini menjadi Mu. "Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, aku tersesat dan tak tau arah jalan pulang. aku tanpaMu, butiran debu".. ada seminar di kampus tentang korupsi, dan kata pembicaranya "Malah para koruptor yang sekarang udah pada ketangkep, ibadahnya lebih baik daripada kalian", hahaha. Mungkin ini yang namanya, Allah telah menyelamatkan dari tersesatnya manusia, dan Allah menuntun kearah yang lebih baik. Ya, aku pernah ngalamin masa jatuh, putus asa, atau tersesat  namun yang harus aku inget bahwa Allah akan selalu menuntun hambaNya. Berdoa selalu agar Allah memberikan syafaat, hidayah, dan pertolongan kepadaku mungkin salah satu langkah yang bisa aku lakuin.


Aku pernah baca komik chicken soup yang dimana ceritanya seorang anak pusing, banyak masalah. Terus temennya itu janji akan mengajaknya ketempat dimana tidak ada masalah. Dan ternyata temannya membawa anak itu ke pemakaman (padahal didalemnya belum tentu gak ada masalah juga sih, hehe). Poinnya, selama kita hidup akan selalu ada masalah yang mengikuti, sikap kitalah yang akan membawa arah. Mau diapain nih masalah yang ada. Allah janji sama kita dan itu diulang dua kali, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesudah kesulitan ada kemudahan. Ini salah satu ayat alquran yang aku suka =) .. Oh yaa, kalau mau liat pelangi kan harus hujan dulu kan? (retoris, wkwkwk)

Ini adalah favoritku, surat Ar-rahman. Dulu waktu smp atau sma gitu aku pernah nonton film2 ramadhan gitu. Difilm itu ceritanya pemulungnya berdoa abis solat, "Ya Allah terima kasih atas rezeki yang kau limpahkan kepadaku". Kata-kata limpahkan itu kan maknanya banyaaaaak banget, padahal itu yang berdoa seorang pemulung. Trus aku mikir, berarti aku jauh jauh jauuuuhh harus lebih bersyukur lagi. Nikmat sehat, nikmat islam, nikmat segala-galanya udah Allah kasih buat aku. Allah udah kasih aku semuanya, jadi NIKMAT TUHAN MANA LAGI YANG KAMU DUSTAKAN,ARAAA???


maka cukuplah Alquran sebagai pedoman hidup kita =)

Picture

No comments: