Sunday, November 11, 2012

Ilmu dari Avatar the Legend of Aang


Kali ini aku mau bahas tentang cakra dalam tubuh, yang dipelajarin Aang sama penjaga kuil utara. menurutku itu bisa kita terapin juga dikehidupan lhoo. yuukk liat =D .Ntah kenapa aku jatuh cinta banget sama avatar khususnya Aang dan Appa. hehe. apa lagi semenjak ada lanjutannya avatar korra, yaitu avatar selanjutnya setelah Aang, aa makin jatuh cintaaa dehh, apalagi aang gedenya cakep >.< !!.. Menurut aku film ini bagus bgt,banyak pelajaran tentang hidup dan ilmu yang bagus.oke kita bahas yaa

 Ketika Aang diharuskan untuk menguasai ke4 elemen, akhirnya Aang sampe ke kuil udara utara (klo ga salah) dan ia belajar tentang cakra dalam tubuh. (klo ada yg salah maap yak, karena ini direkam suaranya pake hp, hehe =P )


1.Cakra Tanah
Pertahanan dan terhalang oleh ketakutan..  Jadi untuk mendapat ketahanan tubuh dan jiwa yang bagus kita harus melepaskan semua ketakutan yang ada. Serahkan semua ketakutanmu, dan biarkan ia mengalir ke ngarai.
 -Kadang kita suka takut sama apa yang udah terjadi atau yang belum terjadi dalam hidup kita. seharusnya kita biarkan dan lepaskan rasa takut itu pergi. agar kita bisa hidup dengan lebih baik.Jangan khawatir intinya

2. Cakra Air
Kesenangan dan terhalang oleh kesalahan.. Tiap orang pasti buat kesalahan dalam hidupnya, itu harus disadari dan diterima.. kita ga akan pernah bisa nyalahin diri sendiri terus2an. Maafkanlah dirimu.
-Kejadian buruk dimasa lalu atau kesalahan fatal yang dibuat terkadang membuat orang depresi. yang harus dilakukan adalah memafkan diri sendiri. aku pernah mengalami ini, sampai ga enak klo mau tidur. tapi aku belajar bahwa kita harus bisa menerima bahwa kita adalah manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan, maafkan diri dan jangan ulangi lagi

3. Cakra Api
Kekuatan dan terhalang dengan malu.. Lepaskan semua rasa kecewa dan ikhlaskanlah
-rasa malu disebabkan oleh banyak hal sehingga terkadang membuat kita kecewa, ikhlas menerima adalah langkah awal yang baik.

4. Cakra Hati (klo ga salah denger)
Cinta dan terhalang oleh kesedihan.. Cinta adalah energi positif, buang dan hilangkanlah kesedihanmu.
-cinta kepada diri sendiri, orangtua, sahabat, sesuatu adalah energi positif. terkadang mereka malah justru membuat kita sedih. ya begitulah hidup, orang yang paling kita cintai terkadang orang yang paling suka menyakiti kita. terima mereka dengan kekurangannya itu, klo susah hayooo inget gimana mereka tetep mau ada disamping kita dengan sejuta kekurangan kita =D

5. Cakra Suara
Kebenaran dan terhalang oleh kebohongan.. Jangan pernah berbohong dengan takdir, terimalah takdir yang ada dengan baik.
-ini hal yang sulit menurutku, takdir adalah sesuatu yang tidak bisa kendalikan. namun semakin kita menghindar, semakin buruk keadaan. terima takdir dan jalani hidup dengan baikk..Jujur adalah kuncinya :')

6. Cakra Cahaya
Bagian dalam dan terhalang oleh ilusi.. satu hal yang perlu kita tahu bahwa Tuhan menciptakan dunia seperti ini, penuh dengan perbedaan dan itulah indahnya.. Jadi jangan sampai perbedaan menghalangi kita dan membuat perpecahan.
-perbedaan agama, ras, suku, bangsa, sudah menjadi fenomena alam yang mendunia nampaknya. kadang kita suka sibuk sendiri dengan ngerasa paling baik dan benar bahkan mengganggap mereka musuh. sehingga terkadang kita lupa "siapa musuh kita sebenarnya?". inget, penjajahan tidak lagi dengan senjata tajam, kawan

7. Cakra Pikiran
cosmis dan terhalang oleh kejadian masa lalu.. tiap orang punya masa lalu baik atau pun buruk. lepaskan dan lupakan..
-Masa lalu yah, setiap orang senang dan sedih tentang hal itu, topik yang selalu hangat diperbincangkan. masa lalu adalah sarana kita untuk berkaca, baiknya bisa diambil dan buruknya bisa dijadikan pelajaran. HANYA itu fungsi dari masa lalu, tidak usah dibanggakan atau disesalkan ..

semua cakra yang dipelajari Aang itu memang terkait dengan cerita dalam film itu, tapi menurutku ada filosofi hidup yang bisa kita pelajari disitu. Dan saat Aang sudah bisa melakukannya, sang guru (penjaga kuil) mengibaratkan hati dan tubuh kita adalah sekumpulan air di ngarai, saat ketakutan, kesedihan, rasa malu, kecewa, kebohongan, perpecahan, dan kejadian masa lalu adalah buih kotor yang terdapat di ngarai. Saat buih itu dihilangkan , ngarai itu kembali jernih. (tubuh akan lebih sehat tentunya) ..

ada Quotes dari Aang yang aku suka banget,

"Balas dendam itu sesperti ular berkepala dua, saat kau melihat lawanmu jatuh Kau juga meracuni dirimu sendiri"

"Memaafkan adalah langkah pertama untuk penyembuhan"

2 comments:

Anonymous said...

aku suka filmnya, bagus pesannya. :D

Nadyaara said...

iyaa filmnya bener2 sarat bgt sama makna kehidupan..