Tuesday, February 21, 2012

Nikah muda

satu tahun belakangan ini, aku abis kena sedikit dampak dari sodaraku yang nikah muda.
dia sepantar sama aku, dari kecil cuma dia satu-satunya sodara aku yang seumur dan kita selalu bermain bareng, permainan favorit kita adalah barbie , poly pocket , orang-orangan , dan entlek2 (ini cuma aku sama dy yang tau maksudnya)hahaha..
waktu dia udah mulai sibuk sama pernikahannya aku seneeeng banget , di umur 20 tahun dia bakalan nikah sama soulmate nya =) .. tapi jujur , aku jadi pengen nikah juga. hahaha
ditambah lagi , adeknya sahabat abang aku nikah juga dan dia kelahiran taun 92 , hiks.. makin pusing , haha.
ditambah lagi ada artis yang nikah muda, makin pengen nikah. hahaha

menurutku kalo mau nikah muda itu, yang pasti ga bisa seumur. cowo harus lebih tua , paling ga cowonya udah cukup mapan ditempat kerjanya.
apa sih untung ruginya nikah muda? versi aku yaaa
(+) nya:
> terhindar dari zina , yaa lebih baik saat memang sudah mampu fisik dan mental langsung nikah aja , daripada mendekati zina. nikah muda tentu aja benar-benar menghidari zina. dan ini sangat baik menurutku..
> bisa ngeliat anak sampai anaknya gede, karena dengan nikah muda berarti umur kita dan anak kita ga terlalu berbeda jauh, paling gak 20 tahun. haha
> banyak pahala yang didapat saat menjadi seorang isteri ataupun suami. nikah kan juga termasuk salah satu bentuk ibadah kepada Allah kan? =)
> waktu ke gramed aku liat beberapa judul buku tentang istimewanya nikah , dan salah satunya yang bikin aku pengen makin cepet nikah ada yang judulnya gini "Masuk surga lebih mudah dengan menikah" , hmm... hahaha
> ngeringanin beban orang tua. oke oke , anak memang bukan beban bagi orang tua tentunya. tapi tanggung jawab orang tua otomatis akan lepas dan berpindah tangan kepada suaminya. nyokapku pernah bilang gini "kalo udah nikahin anak permpuan , rasanya lega pastinya"
>bisa ngedesain rumah sendiri, punya peraturan sendiri untuk anak2nya. saatnya untuk menjadi apa yang kita mau dalam kehidupan. hehe. misalnya ada peraturan orangtua yang menurut kita kurang relevan , nah bisa kita didik anak kita dengan peraturan yang menurut kita cocok. jangan peraturan deh nyebutnya kayak sekolah aja, haha.. mungkin lebih enak kalo disebut norma keluarga
> dan masih banyak lagi, yang mungkin ga bisa  dijabarin satu-satu =)

(-) nya :
> fokus utama ya kalau bisa sama urusan rumah tangga. karier , kesenangan, hobby bakalan terkikis porsinya saat menikah, terutama saat si kecil hadir =D
> bagi perempuan yang menikah terlalu muda, kurang baik. soalnya aku pernah baca penelitian berhubungan dan melahirkan terlalu muda itu kurang baik karena masih ada organ tubuh terutama daerah perempuan yang belum matang
> banyak kantor yang memberi persyaratan ketika bekerja berstatus "single"
> ya ga bisa sebebas dulu, saat masih single . bisa ini itu ; bisa kesana kesini ; bisa nangkring nongkrong ; haha. tapi kalau dapat suaminya asik , mungkin banyak kebebasan.. sotoii, wkwkwk
> saat berstatus "isteri orang" , walau masih muda bakal ngerasa lebih tua dibanding teman yang seumur namun masih single . entah secara naluri atau gimana , tapi yang pasti pemikirannya bakal jauh kedepan dan udah mikirin segala macem.

semua yang dipilih, apapun pasti ada enak dan ga enaknya ; postif dan negatifnya .. tergantung kita ngejalaninnya ; mengatasinya aja agar tercipta keluarga harmoni.

satu hal lagi yang bikin aku pengen nikah adalah iklan sariwangi, yang menurut ku so sweetnya luarbiasa.

sedikit tips dari orangtua :
- dari nyokapnya sahabat aku ; cari pasangan yang bisa diajak ngobrol,diajak diskusi bareng. karena nanti kalo nikah mau ngobrol sama siapa lagi, masalah rumah tangga kita. (kayak iklan sariwangi nih, haha)
- dari bokapnya sahabat aku ; cari pasangan jangan cuma dari yang agamanya bagus, keliatannya soleh. tapi liat gimana dia menyelesaikan masalah , dewasakah dia?. jangan cuma rajin ibadah, tapi kalo marah atau ada masalah lempar-lempar barang , maen tangan , berkata kasar. sereemm ya
- dari nyokapku ; setiap orang butuh space. ga semua hal perlu diceritain sama pasangan. privacy harus tetap ada , agar tetap terjadi keharmonisan keluarga.. selain itu nyokap aku juga pernah ngomong , sebagai wanita kita harus mandiri. jangan bergantung dari uang suami, kita ga tau bakal dapet suami macem apa. jadi secara finansial kita harus mampu membiayai hidup kita sendiri =) agar tetap bisa ambil keputusan sendiri dan membantu suami saat suami jatuh.


           nih ada foto sepupuku lagi cium tangan sama suaminya

jadi, siapa yang mau nikah muda?? angkat tangan.... =D

2 comments:

Widhi said...

Nikah muda menghidarkan zina... dibuka pintu rezeki... dan banyak sekali manfaatnya :)
btw salam kenal y mbak ara :)

Nadyaara said...

setujuuu widhiii, betul banyak banget sisi positifnya .. salam kenal juga yaa widhi