Sunday, July 16, 2017

Flek Ketika Hamil

Lanjut ceritaku tentang kehamilan, yang membuat aku suami dan keluarga happy nya bukan main. Bersyukur tiada henti banget.. Dari menikah sampai hamil, lebih kurang 8 bulan kami dalam masa penantian. Alhamdulilah, makasi banget sama Allah. Uda kasih kepercayaan kepada aku dan suami untuk buah hati ini..

Satu hari setelah aku cek kehamilan, pada hari itu sabtu. Memang sudah janjian sama saudara untuk ketemuan. Karena merasa fisik tidak merasakaan apa-apa, aku tetep jalan. Main ky biasa aja, pas sore hari mau sholat magrib dan mandi, jeng jeng .. Lho ini apa ya, seperti awal awal haid. Warnanya agak cokelat. Aku masih santai aja, karena ga paham. Pulang dari sana, minggu karena dirumah aja kyna aku ga flek tuh. Akhirnya senin, ke kantor seperti biasa kan, dan siang pas cek flek lagi. Dari sabtu udah gugling kenapa flek.

Apa penyebab flek pada usia kandungan muda?

Menurut artikel, flek dalam jumlah sedikit masih wajar karena proses penanaman embrio kedinding rahim. yang berbahaya apabila flek terus terusan dan mengeluarkan darah. Namun yang namanya aku langsung stres dan panik banget saat itu. Pulang dari kantor langsung ke dokter dan dicek bukan USG tapi transV. Hasilnya samar bgt bahkan ga keliatan, beda sama pas cek Jumat kemarin, tapi aku beda dokter sama yang pertama ini di Brawijaya Woman and Children Hospital karena dekat kantor. Disarankan untuk bedrest dulu. dag dig dug panik bingung stres dll campur aduk.
Dihari kemudiannya yang bikin aku tambah panik, keluar darah.

Sebenernya apa itu bedrest ketika hamil?
Baru satu hari disuruh bedrest, aku sebenernya blm tau apa sih arti bedrest itu. Jadi walau di rumah aku masih coba masak, nyapu, bekerja. Eng ing eng , dan sore hari keluar darah. Langsung buru-buru hub suami, akhirnya sore itu kita memutuskan untuk balik ke dokter pertama yaitu di RS XXXXX. Dicek samar, tapi masih ada alhamdulilah disini menggunakan USG soalnya. Akhirnya ini bener bener bedrest. Jadi bedrest beda-beda klo aku masih katagori boleh pipis, solat, mandi atau istilahnya bangun dari kasur. Asal jangan keluar-keluar dulu lah. Masih buka laptop dikasur atau kadang maksain dimeja kerja. Ada juga bedrest yang semua-muanya dari kasur, bener-bener ga bisa bangun bahkan pipis juga dari tempat tidur. Hal ini yang aku ga paham, yang aku pikir ya yang penting di rumah, gak kemana-mana. Mau masak, nyuci piring, nyapu masih aman TERNYATA SALAH BESAR.

Waktu itu, suami ku lagi padet banget kerjaannya. Jadi aku pulang sekitar 2 minggu ke rumah ibuku, karena harus ada yang mengurusi makanku. Disana aku cuma tidur, makan, sambil tetep pantau kerjaan dari laptop. Puasa kmren aku FULL ga puasa sama sekali. ehehe.. Setelah itu, aku pulang dan kita kontrol lagi kan. Suamiku kadang nyiapin buka puasa sendiri dan saur, disitu aku nangis. Ngerasa bersalah banget sama dia, uda sibuk kerja harus urus kebutuhannya sendiri kadang. Alhamdulilahnya ibu mertuaku dan sodara-sodara suamiku sering bgt kirimin makanan menjelang buka puasa.

Pas kontrol lagi, di USG janin kami tidak terlihat. Dokter sudah memberikan obat supaya mens gitu. Awalnya kami disuruh keluar dan aku minum satu botol air mineral lagi. Aku heran karena selama bedrest aku ga kenapa-kenapa, ga ada flek atau apapun itu. Dokter cek lg dan memang tidak ada menurut USG itu. Beliau bilang, klo kamu testpack pun hasilnya mungkin negatif. Disitu aku sedih bukan kepalang, tp blm nangis. hahaha.. Ampe mobil baru nangis. Cerita ke ortu, mamaku ky ga percaya gt. Ada satu omongan dokter yang akhirnya menggerakan hatiku untuk beli testpack, malam ku test pack hasil positif esoknya ku test pack lagi hasilnya tetap positif, ku putuskan tidak meminum obat dr dokter. Aku datang ke dokter lain, dokter Rudi di RS Yadika Tanah Kusir, cuma 5 menit dari rumahku. dua hari setelah itu, dan Alhamdulilah masih ada,  jelas bahkan. ALHAMDULILAH, MAKASI YA ALLAH.  Ntahlah, mungkin alat di RS XXX itu kurang baik atau gimana. Jujur, hal ini aku tidak ceritakan kesiapapun kecuali orang tua dan keluarga terdekat. Karena ini merupakan cerita sedih yang seharusnya tidak diumbar, namun point nya adalah aku ingin berbagi saja apabila dapet berita kurang menyenangkan jangan langsung terima, cek didokter lain.

Aku tidak menyalahkan dokter yang pertama sama sekali, karena hasilnya akupun melihat. Mungkin mesin USG yang kurang tepat saja. Semoga bisa jd pembelajaran kita semua.

Saat ini kami masih cari-cari RS yang pas dan sreg buat kami. Menurutku dokter itu cocok cocokan juga, RS yang kami pernah kunjungi Kemang Medical Care (sebelum hamil), RS XXX hehehe, Brawijaya Woman and Children Hospital, RS Yadika Tanah Kusir, RS Asih Panglima Polim dan masih ada beberapa list RS yang akan kami kunjungi. Sebenrnya aku uda sreg juga sama dokter Rudi yang di RS Yadika, dokternya enak penjelasannya dan suka kasih ky afirmasi positif jadi bikin aku tenang. Tapi yang namanya penasaran mau coba kontrol dibeberapa tempat duluuu. hihihi

Sekarang kandunganku sehat, sudah hampir jalan 3 bulan. Tips dari orang-orang sering didengerin murrotal dan diajak ngobrol aja. Hihi kadang aku klo ajak ngomong suka sampe nangis. Babenya juga suka ciumin dan ajak ngobrol serta doain. Kamu yang sehat terus ya sayang, tumbuh sehat berkembang sempurna, jadi anak sholeh/hah, Ibu Babe sayang kamu banget.

Salam Cintah,
Ara


No comments: